Kolestrol Tinggi Dan Penyebabnya



Kolestrol tinggi adalah di mana kolestrol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolestrol merupakan senyawa lemak yang menyerupai lilin. Fungsi kolstrol adalah untuk memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon dan vitamin D. Faktor genetik dapat mengakibatkan kolestrol tinggi hal tersebut terjadi karena mengonsumsi makanan yang mengandung banyak koletrol atau kurang berolahraga.

Kelebihan kolestrol terjadi akibat mengonsumsi makanan dengan kandungan kolestrol tinggi atau karena kurang olahraga. Kondisi lain bisa terjadi akibat faktor keturunan. Biasa disebut dengan kolestrol baik. Faktor yang dapat menyebabkan koletrol tinggi, salah satunya adalah gaya hidup.

Berikut ini adalah penyebab yang dikategorikan sebagai gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu peningkatan kadar kolestrol jahat dalam darah: 

• Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, yang memiliki kadar lemak tinggi. Contohnya kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan.
• Kurang berolahraga atau beraktivitas. Kondisi ini dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam darah.
• Kebiasaan merokok. Dalam merokok juga ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat tersebut dapat menghentikan aktivitas. HDL atau kolestrol sangat baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Akibatnya bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.
• Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang banyak mengandung alkohol. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan kadar koletrol jahat dan trigliserida dalam darah.
• Obesitas. Seseorang dinyatakan mengalami obesitas yang apabila memiliki indeks masa tubuh di atas 30 (kg/m2)., sedangkan ukuran lingkaran pinggang dikatakan berlebih saat melewati 102 cm pada laki atau 90 cm pada wanita. Kondisi ini sangat cenderung meningkatkan kadar kolestrol LDL dan trigliserida serta menurunkan kadar kolestrol HDL.
• Memiliki penyakit tertentu seperti, hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif ( hipotiroidisme ), penyakit liver, dan penyakit ginjal. Mengobati kondisi dapat menurunkan kadar kolestrol.
• Pertambahan usia. Saat usia tua, risiko kolestrol tinggi yang dapat memicu arterosklerosis juga semakin besar.

Comments


  1. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyembuhkan Cacar Air Dengan Obat Alami

Cara Membuat Telur Asin

Makanan Yang Terbukti Ampuh Untuk Menurunkan Kolesterol